Senin, 18 April 2016

Ibadah umrah

Minat masyarakat Muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah umroh terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, menyusul semakin panjangnya daftar antrean untuk pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.Ketua Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Umroh Republik Indonesia (AMPHURI) Joko Asmoro di sela-sela pameran "Umra-Hajj & Islamic Tourism 2013" di Surabaya, Rabu, mengemukakan, sebagian masyarakat Muslim yang tidak sabar menunggu antrean keberangkatan haji, memilih untuk menunaikan ibadah umroh lebih dulu dengan harga paket umroh.

"Tingginya minat masyarakat Muslim Indonesia untuk pergi haji, membuat daftar antrean keberangkatan semakin panjang. Bahkan ada daerah yang daftar harga paket umroh tunggu hajinya bisa lebih dari 15 tahun, karena memang kuotanya dibatasi oleh pemerintah," katanya.Kondisi tersebut berdampak cukup signifikan terhadap peningkatan jumlah peminat ibadah umroh dari tahun ke tahun.

Ketenangan, menurutnya, juga akan terwujud manakala seseorang tidak lagi pusing memikirkan masalah keluarga. “Bagaimana bisa tenang bila ketika melakukan haji, tiba-tiba memikirkan masalah anaknya sakit,” imbuh Mukri.Dia menjelaskan, haji akan tenang dilaksanakan tanpa adanya harga paket umroh atau hutang finansial. Jadi, ketika melaksanakan haji, seseorang sudah tidak memiliki beban apa pun.

Hikmah umroh


Banyak sekali orang yang melakukan ibadah umroh , terutama apabila umroh diadakan pada bulan ramadhan, disebut juga dengan umroh ramadhan karena merupakan bulan yang penuh berkah. Perpaduan antara umroh dan ramadhan menghasilkan keutamaan – keutamaan yang luar biasa, itu sebabnya Rasullah menganjurkan umroh pada saat bulan ramadhan.

Terdapat juga hikmah-hikmah yang lain, sebagai berikut:
  • Hikmah pakaian ihram: lebih menonjolkan kesederhanaan diri, kesucian hati dan jiwa (dimana warna putih sangat dianjurkan), rendah hati, dan tidak ada unsur sombong serta berlebihan.
  • Hikmah thawaf: dalam thawaf kegiatan berputar yang melambangkan perputaran alam semesta, juga jumlah putaran sebanyak ‘tujuh’ yang melambangkan bilangan 7 hari, 7 lapis langit dan bumi, dan 7 lapis surga dan neraka. Ka’bah sebagai pusat thawaf adalah miniatur bangunan suci Baitul Maqdis yang ada di atas langit dengan dikelilingi puluhan ribu malaikat (sebagian riwayat menyebutkan 70.000 malaikat) yang berthawaf setiap harinya.
  • Hikmah sa’i: lambang kasih sayang seorang ibu pada anaknya. Jama’ah haji diingatkan perjuangan Siti Hajar (istri nabi Ibrahim as) ketika mencari air dengan berlari antara bukit Shafa dan Marwah sebanyak 7 kali.
  • Melempar jamrah: simbol penentangan manusia terhadap setan. Melempar jamrah (kerikil) adalah simbol yang di dalamnya mengingatkan manusia untuk melempar (nafsu setan) sejauh-jauhnya dari jiwa mereka.

Ibadah umrah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: elino

0 komentar:

Posting Komentar