Senin, 05 Oktober 2015

Pilihan baja ringan

Banyak pilihan baja ringan yang bisa anda gunakan dalam rumah maupun perusahaan anda. Menggunakan baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan dan konstruksi. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan ini untuk mengkompensasi bentuknya yang tipis. Ketebalan baja ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm. Perhitungan kuda-kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. 

baja ringanSemakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda menjadi 1,2m. Oleh sebab itu kenapa baja ringan banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya untuk bangunan rumah maupun perusahaan. Bahan dasar pembuatan baja ringan yang utama adalah tentunya besi karbon (carbon steel) yang terbuat dari campuran karbon sebanyak 1,7%, mangan 1,65%, silicon 0,6%dan tembaga 0,6%. Selama ini karbon dan mangan adalah dua bahan dasar yang digunakan untuk meninggikan tegangan baja murni. Bahan dasar baja ringan lainnya adalah timah hitam (Pb) dan besi (Fe).Selain itu untuk menahan korosi(karat),baja ringan juga diberikan pelapis.

Spesifikasi baja ringan


Anda harus mengetahui spesifikasi baja ringan pada saat anda akan melakukan pemasangan untuk sebuah rumah atau perusahaan. Pekerjaan dalam pembuatan rangka atap baja ringan adalah pembuatan struktur  atap berupa rangka batang yang dilapisi lapisan anti karat. Bentuk dari rangka batang tersebut adalah segitiga, trapesium, dan persegi panjang. Yang spesifikasi baja ringan atau rangka batang tersebut terdiri dari rangka utama atas ( top chord ), Rangka utama bawah ( bottom chord ), Rangka pengisi ( web ). Seluruh rangka tersebut disambung menggunakan baut ( self drilling screw ) dengan jumlah cukup, Rangka reng ( batten ) dipasang langsung di atas struktur rangka utama dengan jarak sesuai dengan ukuran jarak genteng. Tapi dalam pembuatan rangka atap baja ringan terdiri dari Pengukuran bentang bangunan,Pekerjaan pembuatan kuda – kuda ( fabrikasi ), Pengiriman kuda – kuda dan bahan lain ke lokasi proyek, Pekerjaan pemasangan seluruh rangka atap kuda – kuda yang terdiri dari ; struktur rangka kuda – kuda ( truss ), balok tembok ( top plate ), reng, sekur overhang, ikatan angin dan bracing ( ikatan pengaku ),Pemasangan jurai dalam.

baja ringan
Oleh sebab itu anda harus berhati – hati dalam pemasangan baja ringan dan anda harus mempunyai sertifikat baja ringan yang dikeluarkan oleh pemasang baja ringan baik itu perorangan atau perusahaan dengan mengeluarkan bukti Jaminan Pemasangan berupa sertifikat baja ringan beserta analisa gambar baja ringan dengan kekuatan pemasangan 10 tahun.(garansi Pemasangan). Apabila anda menggunakan baja ringan banyak keuntungan yang akan anda dapatkan seperti bahan ringan tidak akan membebani struktur tiang dan dinding, baja ringan akan hemat biaya pada saat pemasangan, anti karat, anti gempa, anti api, pengerjaan cepat. Silahkan anda hubungi perusahaan kami untuk informasi lebih lengkap tentang baja ringan karena kami mmepunyai kualitas produk yang terbaik untuk anda.

Pilihan baja ringan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: elino

0 komentar:

Posting Komentar