Rabu, 05 Agustus 2015

Pembuatan kerajinan kuningan

Pembuatan kerajinan kuningan sangat mudah untuk di bentuk ke dalam berbagai bentuk, sebuah konduktor panas yang baik, dan umumnya tahan terhadap korosi dari air garam. Karena sifat-sifat tersebut, kuningan kebanyakan digunakan untuk membuat pipa, tabung, sekrup, radiator, alat musik, aplikasi kapal laut, dan casing cartridge untuk senjata api. Kerajinan kuningan mempunyai sifat yang  lebih tinggi memiliki sifat lebih kuat dan lebih keras, tetapi juga lebih sulit untuk dibentuk, dan memiliki ketahanan yang kurang terhadap korosi. Seng yang digunakan untuk membuat kuningan bernilai komersial dikenal sebagai spelter.

 Ada begitu banyak cara untuk mengetahui kerajinan kuningan itu seperti apa. Dan berikut ini adalah salah satu tips membuat kerajinan kuningan yang bagus dan untuk para pemula.
  1. Tahap pertama dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pemilihan bahan, Sebelum membuat
    kaligrafi kuningan , biasanya kami memilih bahan kuningan yang campuran timahnya paling rendah sehingga mudah untuk di gores.
  2. Tahap yang kedua dalam membuat kaligrafi kuningan adalah pembuatan desain, membuat kaligrafi kuningan didesain dengan menggunakan coreldraw atau dengan cara manual (langsung dengan alat tulis)
  3. Tahap yang ketiga dalam membuat kaligrafi kuningan adalah menduplikatkan desain, setelah desain jadi kita duplikatkan keukuran yang kita inginkan. Setelah proses penduplikatan selesai dan kita mendapatkan hasil yang kita inginkan barulah kita melangkah ke proses selanjutnya yaitu yang di sebut penggoresan.
  4. Tahap yang keempat dalam membuat kaligrafi kuningan dan kerajinan tembaga adalah penggoresan, sebelum kita mulai menggores plat kuningan yang akan kita buat kaligrafi kita siapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan untuk menggores yaitu pena atau pensil, lankah selanjutnya kita letakkan plat kuningan diatas meja, tapi jangan lupa untuk meletakkan spon atau karet lembaran di atas meja supaya plat mudah digores dan tidak rusak. Setelah siap letakkan duplikat desain yang telah kita buat tadi diatas plat kuningan. Proses selanjutnya mulailah menggoreskan pena atau pensil mengikuti desain yang telah kita buat tadi. Setelah selesai untuk menambahkan kesan timbul pada tulisan kita buat garis pada plat bagian belakang sesuai kreasi kita. Setelah semua selesai melangkah ke tahap selanjutnya yaitu proses yang disebut nitiki (membuat titik) ini dimaksudkan supaya tulisan lebih mendapat kesan timbul.
  5. Tahap yang kelima dalam membuat kaligrafi kuningan adalah nitiki sebelum kita mulai nitiki kita tempelkan dahulu plat kuningan yang telah kita gores tadi keatas media kayu (triplex) dengan menggunakan lem, setelah itu mulailah proses membuat titik satu persatu sampai semua bagian kosong terisi kecuali goresan yang telah kita buat.Setelah semua selesai tahap selanjutnya yaitu finishing.

Manfaat kerjinan kuningan


Di seluruh dunia telah memproduksi berbagai produk produk kuningan kerajinan di antaranya untuk keagamaan, perkakas, alat bantu yang dianggap steril sampai perangkat mewah yang hanya kaum kaum tertentu yang mampu memiliki dan memakainya. berikut benda benda antik kuno yang berasal dari produk kuningan kerajinan yang di buru para kolektor. yang masih ada di tapi jarang kita temui di pengrajin suplier kuningan. Dahulu kerajinan kuningan dalam rumah tangga  ini karena pada jaman dulu udah mengenal kerapian untuk berbusana maka di ciptakan setrika, dan di pakai kuningan karena logam ini merupakan penghantar panas yang baik. pada masanya, alat makan / penyimpan sayur ini telah di gunakan dan memakai logam kuningan sebagai bahannya.

Kerajinan kuningan kotak alat kinangan yang di pakai untuk meracik dan membuat adonan kinang untuk di pakai sebagai penguat gigi pada jaman dahulu, tidak hanya wanita , konon laki laki juga meng-kinang untuk memperkuat gigi mereka. dari berbagai produk produk itu dapat di pastikan kerajinan kuningan di pakai karena dari segi awet dan mudah di bersihkan, steril dan tak mudah berkarat. serta dari segi mewah, unik serta manfaatnya. tapi seiring perkembangan jaman teknologi pembuatan untuk krajinan kuningan semakin maju sehingga di bisa ciptakan produk produk yang bervariasi dan lebih modern bernilai seni tinggi. Oleh sebab itu jika anda membeli kerajinan kuningan silahkan anda datang ke galeri kami dengan senang hati kami akan membantu anda untuk menemukan kerajinan kuningan yang terbaik.

Pembuatan kerajinan kuningan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: elino

0 komentar:

Posting Komentar